Rabu, 13 Mei 2009

My sChOOl

PROFIL SMP NEGERI 16 MALANG

A. SEJARAH

Guna mensukseskan program Wajib Belajar 9 tahun, pemerintah berusaha menambah jumlah sekolah, terutama SMP yang dirasa kurang sebanding dengan jumlah Sekolah Dasar yang sudah berdiri lebih dahulu. Untuk itulah dibangun SMP Negeri 16 Malang yang terletak di Jalan Teluk Pacitan Kelurahan Arjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Sedangkan di kecamatan Blimbing hanya ada 3 SMP Negeri, yaitu SMPN 14, SMPN 16 dan SMPN 20 Malang. Bagaimana dengan SMU Negerinya? tidak ada yang berdiri di Kecamatan Blimbing.


SMP Negeri 16 Malang didirikan pada tanggal 6 Mei 1992. Sekolah ini diresmikan langsung oleh Bapak Prof. Dr. Fuad Hasan yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Letaknya yang masih asri, hijau dan bersebelahan dengan sungai Bango sangat memungkinkan untuk kegiatan belajar mengajar. SMP Negeri 16 Malang mudah dijangkau, karena terletak di dekat jalur transportasi yang dilewati oleh mikrolet dari berbagai jurusan kota, mengingat letaknya yang sangat dekat dengan terminal Arjosari Malang.

Pada saat berdiri tahun 1992, sarana yang ada hanya terdiri dari 4 ruang kelas, 1 ruang perpustakaan, 1 ruang laboratorium, 1 deret ruang TU, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang guru dan 2 bagian ruang WC putra dan putri. Lahan sekolah berbentuk memanjang ke arah timur, di mana saat itu masih berupa lahan pertanian.

Pada awal semester I tahun 1992/1993 SMP Negeri 16 Malang masih filial atau bagian dari SMP Negeri 11 malang, jadi jabatan Kepala Sekolah masih dipegang oleh Bapak Moel Soeradi (Kepala Sekolah SMP Negeri 11 malang). Proses Belajar mengajar berlangsung pagi hari. Pengajarnya saat itu adalah Ibu Soepeniati, bapak Medi Asmo, Ibu Cahaya, Ibu Anita, Bapak Suwoko, Ibu Padmi, Ibu Robiatul dan Bapak Kusnadi.

Pada semester II tahun 1992/1993, SMP Negeri 16 Malang dipimpin oleh Ibu Nachrowi. Beberapa pengajar ditarik kembali ke SMP Negeri 11 dan sebagian menetap mengajar di SMP Negeri 16 malang. Saat itu jumlah gurunya makin bertambah, di antaranya Bapak Nur Ichwan, Bapak Sujito, Ibu Eny Agustin, Ibu Lilik Ratna, Ibu Anis dan Ibu Endang.

Pada tahun pelajaran 1993/1994 angkatan ke-2 diterima sebanyak 4 kelas, seluruhnya masuk pagi dengan menggunakan ruang perpustakaan dan ruang laboratorium sebagai tempat belajar. Pada tahun ajaran 1994/1995 angkatan ke-3 diterima sebanyak 5 kelas. Pada tahun ajaran tersebut, siswa kelas 2 dan 3 masuk pagi dan siswa kelas 1 masuk siang.

Pejabat Kepala sekolah SMP Negeri 16 malang :

Ibu Sri Murtimah Nachrowi
Dra. Retno Astuti
Bapak Mujono (1 semester)
Ibu Dra. Asmiaty
Bapak Drs. Gunarso
Bapak Drs. Kuri Sudirdjo, SH
Drs. Hari Sunyoto
Drs. Moch Ischak
Drs. Hari Subagiyo, M.Pd ( hingga sekarang )


B. PROFIL SEKOLAH

Berdiri pada tanggal 06 Mei 1992 yang diresmikan langsung oleh Bapak. Prof.Dr. Fuad Hasan. Memiliki NSS/DIK : 201056103116/542857
Lokasi Jl. Teluk Pacitan Arjosari, yang berdekatan dengan P3GT(VEDC), Terminal Arjosari (pusat transit terbesar di Kota Malang), Perumahan Kota Mandiri Bumi Araya, Puskesmas, Polsek Blimbing, Kantor Kecamatan Blimbing serta fasilitas lainnya.
Memiliki Luas Tanah : 6009 M persegi dengan Luas Bangunan : 2500 M persegi


0 Comments:

Post a Comment



HoT ShOt

ViDeO

By :
Free Blog Templates